SMAN 3 Macang Pacar merupakan salah satu sekolah negeri yang berlokasikan di dusun Pongkal, desa Wontong, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Flores-NTT di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Secara definitf Pendirian SMAN 3 Macang Pacar didirikan pada tahun 2016 dan setahun kemudian tepatnya pada tahun 2017 langsung mendapatkan Surat Keputusan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor SK Pendirian 105/HK/KEP/2017 tertanggal 2 Mei 2017. Sebulan setelahnya tepatnya pada 20 Juli 2017 diterbitkan SK Operasional dengan Nomor 848/232/Pend/2017.
Dalam perjalanan waktu selanjutnya tepatnya pada tahun 2019 lembaga SMA Negeri 3 Macang Pacar mendapatkan Akreditasi C dengan Nomor SK. Akreditasi 1446/BAN-SM/SK/2019 dengan Tanggal SK. Akreditasi yakni 12 Desember 2019.
Sejak dari tahun pendiriannya sampai dengan saat ini, keberadaan lembaga SMA Negeri 3 Macang Pacar semakin eksis yang ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang berasal dari wilayah sekitar sekolah, jumlah rombongan belajar sebanyak dua dan empat unit laboratorium.
Untuk sementara semua laboratorium yang ada dialihfungsikan sebagai ruangan kelas. Adapun jumlah jurusan yang ada yakni 3 yaitu Jurusan Bahasa, IPA dan IPS sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013.
Sedangkan sejak Tahun Ajaran 2023/2024 yang sedang berjalan telah diberlakukan Kurikulum Merdeka yang penerapannya dimulai pada Fase E (kelas 10).
“Terwujudnya Peserta Didik yang berkarakter mulia, unggul dalam prestasi, menjunjung tinggi kearifan lokal, berwawasan global, dan kompetitif”.
Membangun kebiasaan disiplin, tertib beribadah, budaya bersih, mencintai lingkungan, menghargai orang lain, sadar akan hak dan kewajiban, cinta tanah air dan bangsa, melalui pembiasaan Upacara Bendera dan Apel Pagi, beribadah sebelum dan sesudah selesai proses belajar dan mengajar, serta lomba kebersihan dan keindahan kelas dan taman;
Representasi dari:
Visi “Berkarakter Mulia”dan “Kompetitif”. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”, “bergotong – royong”, dan “mandiri”.
Mengidentifikasi, membina, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi minat dan bakat pelajar/peserta didik baik secara akademik maupun non akademik.
Representasi dari:
Visi “Unggul Dalam Prestasi”. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”, dan “Bernalar Kritis”.
Mengembangkan rasa kepedulian, nasionalisme, patriotisme, dan bangga atas budaya lokal melalui aktivitas sosial, lingkungan, kebangsaan dan eksplorasi.
Representasi dari:
Visi “Berkarater Mulia” dan “Menjunjung Tinggi Kearifan Lokal”. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia” dan “Bergotong royong”.
Membekali pelajar/peserta didik dengan pengalaman lintas budaya baik nasional maupun internasional melalui berbagai kegiatan lomba debat Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, olahraga dan seni.
Representasi dari:
Visi: “ Unggul Dalam Prestasi”, “Berwawasan Global”, dan “Kompetitif”. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Berkebinekaan global”, “Bernalar Kritis”, dan “Kreatif”.
Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 4 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi digital) dengan berlandaskan pada prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan bakat dan minat pelajar/peserta didik.
Representasi dari:
Visi “Unggul Dalam Prestasi” dan “Kompetitif”. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”, “Kreatif” dan “Bernalar kritis”
Memfasilitasi terlampauinya capaian kompetensi minimal tingkat SMA oleh peserta didik melalui matrikulasi, pembimbingan belajar, pemantauan perkembangan belajar, identifikasi permasalahan belajar, perbaikan, pendampingan, pengembangan dan kerjasama dengan Perguruan Tinggi, Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI), dan Orang Tua.
Representasi dari:
Visi “Unggul Dalam Prestasi”, dan “Kompetitif”. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”, dan “Berfikir Kritis”.
Membimbing pelajar/peserta didik menghasilkan suatu karya ilmiah yang orisinil, dapat dipertanggungjawabkan dan tepat guna.
Representasi dari:
Visi “Unggul Dalam Prestasi” dan “Kompetitif”. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Kreatif” dan “Bernalar kritis”